Header Ads

Pengertian LDR (Light Dependent Resistor) dan Fungsi LDR

Pengertian LDR (Light Dependent Resistor) dan Fungsi LDR. Sejak ditemukannya teknologi semikonduktor mengakibatkan perkembangan industri dunia elektronik semakin pesat. Dengan adanya teknologi semikonduktor sehingga perangkat dan peralatan canggih yang dapat beroperasi secara otomatis dapat diterbitkan. Perangkat-perangkat otomatis tersebut tentunya memiliki sensor-sensor yang bertindak sebagai penerima informasi lingkungan berupa besaran fisika dan kimia seperti cahaya, suhu, dan lainnya yang kemudian diteruskan untuk diproses lebih lanjut. Salahsatu jenis sensor cahaya yang sering digunakan yaitu LDR (Light Dependent Resistor).

Pengertian LDR atau Light Dependent Resistor

Pengertian LDR (Light Dependent Resistor)

LDR atau Light Dependent Resistor adalah jenis resistor yang nilai hambatan atau nilai resistansinya tergantung pada intensitas cahaya yang diterimanya. Semakin rendah intensitas cahaya yang diterima, maka nilai resistansi LDR akan semakin besar. Sebaliknya, semakin tinggi intensitas cahaya yang diterima LDR, maka nilai resistansi LDR akan semakin kecil.

Dengan kata lain LDR (Light Dependent Resistor) akan menghantarkan arus listrik jika menerima sejumlah intensitas cahaya (kondisi terang) dan menghambat arus listrik dalam kondisi gelap. Dalam beberapa kondisi LDR digunakan untuk mengubah energi cahaya menjadi energi listrik. LDR (Light Dependent Resistor) disebut juga sebagai Photoresistor, Photoconduction dan Photocell.

Resistansi LDR dapat berubah seiring dengan perubahan intensitas cahaya yang mengenainya. Pada umumnya, nilai resistansi LDR akan mencapai 200 Kilo Ohm (kΩ) pada intensitas cahaya rendah (kondisi gelap) dan menurun menjadi 500 Ohm (Ω) pada intensitas cahaya tinggi (kondisi terang).
Baca juga : Cara Mengukur LDR (Light Dependent Resistor)

LDR  adalah  jenis  resistor  yang  biasa digunakan  sebagai  detektor cahaya  atau pengukur besaran konversi  cahaya. Oleh karena itu, LDR atau Light Dependent Resistor juga dapat digunakan dan disebut sebagai sensor cahaya. Tak heran jika komponen elektronika peka cahaya ini banyak diimplementasikan sebagai sensor lampu penerang jalan, rangkaian anti maling, lampu kamar tidur, alarm dan lain-lain.

Bentuk dan Simbol LDR (Light Dependent Resistor)

LDR (Light Dependent Resistor) terdiri dari sebuah cakram semikonduktor yang mempunyai dua buah elektroda pada permukaannya. Bahan semikonduktor yang digunakan untuk pembuatan LDR adalah seperti senyawa kimia cadmium sulfide. Dengan bahan ini energi dari cahaya yang jatuh menyebabkan lebih banyak muatan yang dilepas atau arus listrik meningkat, artinya resistansi bahan telah mengalami penurunan.

Seperti halnya resistor biasa, pemasangan LDR dalam suatu  rangkaian sama persis seperti pemasangan resistor biasa. Bentuk dan Simbol LDR adalah sebagai berikut :
Bentuk dan Simbol LDR atau Light Dependent Resistor

Fungsi LDR (Light Dependent Resistor)

Fungsi LDR adalah sebagai sebuah sensor cahaya yang dapat dimanfaatkan dalam berbagai jenis perangkat atau rangkaian elektronik dengan biaya rendah, seperti saklar otomatis menggunakan cahaya yang jika sensor terkena cahaya maka arus listrik akan mengalir (ON) dan sebaliknya jika sensor dalam kondisi cahaya gelap maka aliran listrik akan terhambat (OFF). LDR juga sering digunakan sebagai sensor lampu penerang jalan otomatis, lampu kamar tidur, rangkaian anti maling otomatis menggunakan laser, shutter kamera otomatis, alarm kebakaran, dan masih banyak lagi yang lainnya.
Baca juga : Cara Kerja LDR

Tidak ada komentar