Header Ads

Pengertian LED (Light Emitting Diode) dan Fungsi LED

Pengertian LED (Light Emitting Diode) dan Fungsi LED. Pada saat ini banyak dikembangkan bahan semikonduktor yang penggunaannya telah diaplikasikan dalam berbagai bidang kehidupan. Hal itu seiring dengan kebutuhan energi listrik yang makin bertambah dikarenakan penggunaan berbagai perangkat dan peralatan elektronik khususnya sebagai penerangan yang membutuhkan konsumsi daya besar. Oleh karena itu, diperlukan sebuah komponen elektronik dengan bahan semikonduktor yang dapat mengatasi hal tersebut. Komponen itu dinamakan dengan LED (Light Emitting Diode).

Pengertian LED (Light Emitting Diode) dan Fungsi LED

Pengertian LED (Light Emitting Diode)

LED atau Light Emitting Diode adalah komponen elektronika yang dapat memancarkan cahaya monokromatik ketika diberikan tegangan dengan bias maju (forward bias). LED (Light Emitting Diode) dapat diartikan sebagai sebuah dioda yang memancarkan cahaya, karena memang LED (Light Emitting Diode) merupakan keluarga dioda yang terbuat dari bahan semikonduktor.

LED (Light Emitting Diode) memiliki bentuk seperti bohlam lampu dan dapat memancarkan cahaya dengan berbagai warna. Walaupun bentuknya menyerupai sebuah bohlam kecil namun LED tidak membutuhkan filamen layaknya seperti lampu pijar sehingga LED tidak menghasilkan panas berlebih yang diakibatkan dari pembakaran filamen ketika lampu pijar menghasilkan cahaya.

Cahaya-cahaya yang dipancarkan LED memiliki berbagai warna yang dihasilkan dari bahan semikonduktor yang digunakan dalam pembuatannya. Warna-warna yang dihasilkan seperti merah, hijau, biru, dan kuning. Namun LED juga dapat memancarkan sinar inframerah yang tidak tampak oleh mata seperti yang sering kita jumpai pada Remote Control TV ataupun Remote Control perangkat elektronik lainnya.

Bentuk dan Simbol LED (Light Emitting Diode)

LED atau Light Emitting Diode memiliki bentuk seperti bohlam lampu pijar namun tidak membutuhkan pembakaran filamen untuk menghasilkan cahaya sehingga tidak menimbulkan panas.  Oleh karena itu, saat ini LED (Light Emitting Diode) yang bentuknya kecil telah banyak digunakan sebagai lampu penerangan dalam LCD TV maupun peralatan elektronik lainnya. Berikut ini adalah bentuk dan simbol dari LED (Light Emitting Diode) :
bentuk dan simbol dari LED (Light Emitting Diode)

Fungsi LED (Light Emitting Diode)

Pada saat ini banyak sekali fungsi dari komponen LED yang telah diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, diantaranya bahkan tidak hanya dalam dunia elektronika saja namun merambah ke berbagai kebutuhan yang menggunakan LED sebagai komponen utama karena memang sangat efisien. Berikut ini adalah beberapa contoh aplikasi penggunaan LED dalam kehidupan sehari-hari :
  1. Sebagai indikator atau petunjuk dalam peralatan dan rangkaian elektronik. Hal ini dapat dilihat dari warna cahaya yang dipancarkan oleh LED yaitu berupa warna merah dan hijau
  2. Sebagai sensor inframerah pada remote control (TV, AC, AV Player)
  3. Papan media advertising (periklanan) seperti running text, videotron dan megatron
  4. Sebagai komponen utama dalam monitor komputer atau televisi yang menggunakan teknologi LED pada layarnya
  5. Lampu penerangan pada kendaraan, rumah dan jalan
  6. Backlight LCD (TV, Display Handphone, Monitor)
  7. Lampu dekorasi interior maupun eksterior

Dari berbagai fungsi tersebut dapat dijumpai dengan mudah dalam kehidupan sehari-hari, mengingat LED saat ini memang sangat dibutuhkan. Hal itu karena LED memiliki banyak keuntungan dibandingkan dengan menggunakan lampu biasa (pijar), diantaranya seperti LED yang tidak menimbulkan panas serta konsumsi daya LED yang tidak terlalu besar sehingga menjadikan komponen ini sangat efisien digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
Baca juga : Cara Kerja LED (Light Emitting Diode)

Tidak ada komentar