Header Ads

Pengertian Trimpot dan Jenis Jenis Trimpot

Pengertian Trimpot dan Jenis Jenis Trimpot. Dalam ilmu fisika, beberapa konsep penting yang  juga dibutuhkan dalam pengaturan rangkaian agar dapat beroperasi yaitu seperti induktansi, kapasitansi, dan resistansi. Konsep-konsep tersebut sangat berpengaruh terhadap jalannya suatu rangkaian, dapat dibayangkan saja ketika sebuah rangkaian PCB (Printed Circuit Board) dalam amplifier dan televisi ketika kehilangan salah satu komponen yang bersifat resistif maka kinerja perangkat tersebut akan terganggu bahkan tidak dapat dinyalakan. Salah satu komponen yang banyak digunakan karena kemampuan sifat resistifnya adalah Trimpot.

Pengertian Trimpot

Pengertian Trimpot adalah sebuah potensiometer yang berukuran lebih kecil yang biasanya digunakan untuk adjustment pada nilai resistansi tertentu sesuai kebutuhan. Pada dasarnya trimpot adalah singkatan dari Trimmer Potensiometer yang merupakan sebuah resistor variabel kecil. Biasanya trimpot banyak juga digunakan pada rangkaian elektronika sebagai alat tuning atau rekalibrasi. Sama halnya seperti potensiometer, trimpot juga memiliki 3 kaki/pin. Selain kesamaan tersebut, cara kerja trimpot pun menyerupai dan hampir mirip dengan potensiometer hanya saja pada potensiometer terdapat handle untuk memutar atau menggeser, sedangkan pada trimpot tidak. Untuk mengatur nilai resistansi trimpot dapat dilakukan dengan cara mengetrimnya menggunakan obeng pengetriman.

Gambar dan Simbol Trimpot

Dalam rangkaian elektronika Trimpot disimbolkan dengan menggunakan huruf yaitu VR.

gambar trimpot

Jenis Jenis Trimpot

Secara sederhana jenis jenis trimpot dapat langsung dilihat dari nilai resistansi maksimalnya yang mampu dicapai seperti trimpot 1k, trimpot 10k, trimpot 50k dan seterusnya. Berdasarkan jenisnya trimpot dibedakan menjadi dua jenis yaitu Single Turn Trimpot dan Multi Turn Trimpot. 

Single Turn Trimpot merupakan jenis trimpot yang paling sering digunakan karena harganya yang relatif murah dan digunakan jika resolusi satu putaran sudah cukup. Sedangkan Multi Turn Trimpot digunakan untuk mendapatkan hasil hasil yang akurat dengan resolusi putaran lebih tinggi. 


Single turn trimpot dirancang dengan penggerak penggerak langsung untuk penyesuaian resistansi dan cocok untuk aplikasi seperti input data untuk peralatan digital, di mana tingkat akurasi tidak terlalu dibutuhkan. Sedangkan multi turn trimpot memungkinkan penyetelan yang lebih halus dan memberikan rasio pengaturan ke waktu yang lebih cepat dibandingkan single turn trimpot. Multi turn trimpot terdiri dari tiga jenis penggerak, yaitu lead screw, worm gear, dan planetary gear. Multi turn trimpot dengan penggerak lead screw memiliki jalur wiper yang liniear, sedangkan jenis worm gear dan planetary gear memiliki wiper dengan jalur melingkar. Jenis multi turn trimpot cocok untuk aplikasi yang membutuhkan pengaturan resistansi yang halus.

Nilai Satuan Trimpot

Nilai resistansi pada trimpot pada umumnya tertera atau tertulis langsung pada body trimpot tersebut. Nilai tersebut ada yang memakai kode angka sama seperti pada Kapasitor/kondensator, sebagai contoh misal tertulis 472 atau barangkali 103. Cara mebacanya juga sama seperti membaca nilai kapasitor atau kondensator yaitu 472 berarti 4700 ohm dan 103 berarti 10.000 ohm (10k).

Fungsi Trimpot

Fungsi Trimpot juga memiliki kesamaan layaknya Potensio, namun adakalanya berbeda karena Trimpot seringnya dipasang pada pcb langsung. Contoh penggunaan Trimpot sering kita temukan pada rangkaian RGB sebagai tuning warna pada televisi berwarna dan sebagai tuning subbrigth serta contras.

Tidak ada komentar