Header Ads

Pengertian Semikonduktor dan Jenisnya

Pada pembahasan sebelumnya kita membahas apa itu konduktor dan unsur penyusunnya. Konduktor terbaik seperti perak, tembaga dan emas hanya memiliki satu buah elektron valensi, sedangkan isolator terbaik memiliki 8 buah elektron valensi.
Baca juga : Pengertian Tembaga Konduktor
semikonduktor


Pengertian Semikonduktor

Semikonduktor adalah sebuah unsur benda listrik yang memiliki posisi yaitu diantara konduktor dan isolator. Seperti halnya, semikonduktor yang paling baik adalah memiliki 4 buah elektron valensi. Bahan semikonduktor merupakan bahan yang sangat diperlukan keberadaannya apalagi didalam dunia industri elektronika. Sebab semikonduktor merupakan salahsatu bahan utama dalam pmbuatan komponen-komponen elektronika penting seperti dioda, transistor dan sebagainya.
Baca juga : Pengertian Dioda beserta Prinsip Kerja dan Jenis Dioda

Germanium

Germanium adalah contoh unsur semikonduktor karena memiliki 4 buah elektron pada orbit valensi atau terluarnya. Beberapa tahun silam, germanium adalah satu-satunya material yang cocok dan dapat digunakan untuk membuat sebuah perangkat semikonduktor. Akan tetapi bahan germanium memiliki cacat fatal karena arus balik berlebihan yang dimilikinya. Sampai pada akhirnya, material semikonduktor lainnya yang bernama Silicon dan membuat germanium menjadi kurang diminati karena adanya bahan lain yang lebih praktis dan baik dalam pengaplikasian dunia elektronik.

Silicon

Setelah unsur oksigen, silicon merupakan unsur yang paling melimpah keberadaannya di bumi. Namun awalnya terdapat beberapa masalah tertentu yang mencegah dan menghambat penggunaan silicon semikonduktor. Setelah masalah terselesaikan, silicon menjadi bahan pilihan untuk semikonduktor. Tanpanya, elektronik modern, komunikasi dan komputer adalah hal yang tidak mungkin.

Sebuah atom kecil silicon memiliki 14 proton dan 14 elektron. Pada orbit pertama terdapat 2 buah elektron, orbit kedua memiliki 8 elektron, dan 4 sisanya terletak pada orbit valensi. 4 buah elektron valensi memberi tahu kita bahwa silicon adalah sebuah bahan semikonduktor.

Tidak ada komentar