Header Ads

Pengertian Osilator dan Jenis Jenis Osilator

Pengertian Osilator dan Jenis Jenis Osilator. Pada beberapa perangkat atau rangkaian elektronik yang memerlukan sejumlah tingkat frekuensi yang berbeda maka terdapat sebuah rangkaian tambahan untuk kebutuhan tersebut. Sehingga dengan perbedaan tingkat frekuensi akan menjadikan perangkat atau rangkaian elektronik utama itu dapat beroperasi secara maksimal karena memiliki tingkat frekuensi yang dapat berubah-ubah. Perangkat tersebut misalnya seperti radio, HT atau handy talkie, dan yang lainnya. Untuk menghasilkan tingkat frekuensi yang berbeda maka digunakan sebuah rangkaian tambahan yang disebut Osilator atau Oscillator.

pengertian osilator

Pengertian Osilator

Osilator adalah sebuah suatu rangkaian elektronika yang dapat menghasilkan keluaran atau output berupa sinyal listrik yang berbentuk gelombang ataupun getaran. Ketika dilihat gelombang atau getaran yang dihasilkan tersebut maka akan terlihat keluaran gelombang atau getaran secara periodik dan memiliki amplitudo yang konstan. Sebuah osilator dapat menghasilkan sinyal listrik yang memiliki beberapa bentuk gelombang seperti sinyal listrik dengan gelombang sinus (Sinusoide Wave), gelombang kotak (Square Wave) ataupun gelombang gigi gergaji (Saw Tooth Wave).

Osilator adalah suatu rangkaian yang dapat membangkitkan sinyal. Pada umumnya sinyal listrik DC atau listrik arus searah dari power supply akan dikonversikan oleh rangkaian oscillator menjadi sinyal listrik AC atau listrik arus bolak-balik sehingga dapat menghasilkan sinyal listrik yangg periodik dengan amplitudo yang konstan. Pada pembahasan ini terdapat beberapa istilah yang memiliki keterkaitan erat dengan osilator yaitu amplitudo, periodik, dan frekuensi. Penjelasan singkat mengenai istilah-istilah tersebut adalah sebagai berikut :

Amplitudo. Amplitudo adalah simpangan terjauh yang dimiliki selama gelombang berosilasi diukur dari titik keseimbangan pada gelombang tersebut.
Periodik. Periodik adalah lamanya waktu yang dibutuhkan untuk menempuh satu buah (siklus penuh) gelombang pada sinyal listrik AC. Satuan dari perodik adalah detik atau second. 
Frekuensi. Frekuensi adalah jumlah atau banyaknya siklus penuh dari gelombang yang dapat ditempuh selama satu detik (second). Satuan dari frekuensi adalah gelombang per detik atau Hertz (Hz). 
 

Jenis Jenis Osilator

Secara umum osilator terdiri dari berbagai bentuk, fungsi dan banyak jenis yang terdapat di pasaran. Berbagai jenis osilator tersebut diantaranya seperti osilator colpitt, osilator amstrong, osilator clapp, osilator harmonik, osilator rc, osilator relaksasi, osilator pergeseran fasa, dan masih banyak yang lainnya. Berikut adalah penjelasan singkat dari beberapa jenis osilator tersebut :

1. Osilator Colpitt

Osilator Colpitt adalah salah satu jenis osilator yang efektif digunakan sebagai pembangkit gelombang sinus dengan interval frekuensi yang berkisar antara 10 kHz hingga 10 MHz. Osilator ini menggunakan rangkaian kombinasi L-C (Induktif dan Kapasitif) dan umpan balik positif melalui suatu pembagi tegangan kapasitif dari rangkaian tersebut. Umpan balik ini dapat diposisikan secara deret maupun jajar. 
 

2. Osilator Pergeseran Fasa

Osilator pergeseran fasa adalah salah satu jenis osilator linier yang dapat digunakan untuk menghasilkan keluaran (output ) gelombang sinusoida. Osilator pergeseran fasa biasanya terdiri dari komponen rangkaian penguat (amplifier), rangkaian pembalik (inverting) seperti Op-amp (Operational Amplifier) atau Transistor. Output dari penguat ini dapat diberikan sebagai input dengan bantuan jaringan pemindah fasa. Osilator pergeseran fasa merupakan sebuah osilator dengan keluaran gelombang sinus sederhana.

3. Osilator Relaksasi

Osilator Relaksasi (Relaxation Oscillator) adalah osilator yang keluarannya berupa sinyal listrik dengan gelombang non sinusoida yaitu seperti gelombang gigi gergaji (saw tooth wave) atau gelombang kotak (square wave). Osilator Relaksasi biasanya menggunakan dua buah penguat (amplifier) dan sebuah pengendali frekuensi (frequency control) yang memberikan jeda antara dua action. Kedua penguat ini dioperasikan secara switch mode yaitu melakukan switching dari fully on ke fully off atau sebaliknya. Nama lain dari Osilator relaksasi adalah astable multivribator dikarenakan osilator jenis ini mengandung lebih dari satu osillating element.

4. Osilator Clapp

Osilator Clapp adalah salah satu jenis osilator yang efektif digunakan sebagai pembangkit gelombang sinusoida (sinusoide wave) pada rangkaian yang memiliki interval frekuensi berkisar antara 10 kHz sampai dengan 10 MHz. Osilator ini menggunakan rangkaian L-C (Induktor - Kapasitor) dan umpan balik positif melaui suatu pembagi tegangan kapasitif dari rangkaian. Pada osilator clapp digunakan dua kapasitor sebagai pengganti kumparan yang terbagi. Balikan dikembalikan dengan menggunakan medan elektrostatik melalui jaringan pembagi kapasitor. Frekuensi ditentukan oleh dua kapasitor terhubung seri dan sebuah induktor.
 

5. Osilator Harmonik

Osilator harmonik adalah sebuah osilator dengan gerak harmonik sederhana yang gerak osilasinya dipengaruhi oleh gaya pemulih linier dan tidak mengalami gesekan sehingga tidak terjadi pengurangan (disipasi) tenaga. Osilator harmonik dengan gerak osilasi harmonik yang sederhana juga dapat diartikan sebagai suatu sistem yang bergetar dimana gaya pemulih berbanding lurus terhadap simpangan negatifnya. Gaya pemulih merupakan gaya yang bekerja dalam arah mengembalikan massa benda ke posisi kesetimbangannya.

Tidak ada komentar