Header Ads

Pengertian Unicast Multicast dan Broadcast serta Apa Perbedaannya

Pengertian Unicast Multicast dan Broadcast serta Perbedaannya. Tahukah kalian bahwa perangkat elektronik komputer yang kalian gunakan baik di rumah, di sekolah ataupun di tempat umum, bagaimana peristiwa yang terjadi sehingga dapat terhubung dalam jaringan internet?

Perlu kalian ketahui bahwa diantara perangkat-perangkat yang terhubung dengan jaringan dan berkomunikasi melalui jaringan, digunakan sistem transmisi jaringan sehingga antara perangkat yang satu dapat terhubung dengan perangkat yang lainnya.

Transmisi jaringan atau saluran komunikasi data antara dua perangkat komputer atau lebih digunakan untuk saling bertukar data dan informasi sehingga perangkat komputer yang satu dapat berkomunikasi secara langsung dengan perangkat komputer yang lain.

Dengan menggunakan sistem ini penyedia jaringan atau provider dapat memonitoring perangkat pengguna. Monitoring yang dilakukan bukan hanya sebatas untuk mengetahui identitas privasi pengguna ataupun untuk mencuri data diri pengguna. Akan tetapi, lebih tepatnya monitoring ini dilakukan oleh provider untuk memantau kualitas serta kestabilan jaringan sehingga ketika terjadi masalah seperti kualitas jaringan down dapat segera diatasi.

Pada Local Area Network (LAN) transmisi aliran data dapat dikategorikan berdasarkan jumlah perangkat yang dapat berkomunikasi dalam satu aliran transmisi data yaitu menjadi unicast, multicast, dan broadcast.

UNICAST
Unicast adalah transmisi jaringan one-to-one. Sesuai dengan namanya, aliran data unicast hanya menghubungkan komputer tunggal dengan sistem yang dijadikan sebagai host dan perangkat sistem komputer lainnya sebagai tujuan.

Ketika digunakan, perangkat komputer tunggal asal hanya akan mencoba berkomunikasi dengan satu perangkat komputer tujuan saja.

Pada Transmission Control Protocol (TCP) sistem akan menggunakan alamat IP asal dan alamat IP tujuan yang merupakan alamat host yang unik. Pada jaringan Ethernet, penggunaan unicast dapat diketahui dengan melihat alamat host yang unik yaitu mac address asal dan mac address tujuan.

Ketika perangkat sistem berhubungan dengan frame jaringan, sistem akan selalu memeriksa mac address miliknya untuk mengetahui apakah frame jaringan tersebut ditujukan untuk dirinya. Jika mac addressnya cocok, maka frame tersebut akan diproses. Jika tidak, maka frame tersebut akan diabaikan.

unicast multicast dan broadcast


Transmisi jaringan dengan sistem unicast dapat dianalogikan seperti seseorang yang ingin memberikan sebuah undangan kepada satu orang lain secara langsung dengan mengantarkan undangan tersebut ke rumahnya. Diantara pemberi dan penerima undangan akan terjadi komunikasi sehingga pemberi undangan sebagai perangkat asal akan mengetahui bahwa informasi atau undangan yang dikirimnya telah sampai kepada si penerima.

MULTICAST
Hampir serupa dengan unicast, transmisi jaringan atau aliran data dengan sistem multicast dapat dilakukan dengan lebih dari dua perangkat sistem atau komputer. Multicast adalah transmisi jaringan one-to-many.

Dengan menggunakan transmisi jaringan multicast dimaksudkan agar dapat mengirim data dan informasi kepada banyak komputer atau sistem tujuan, dengan tidak semua sebagai host. Multicast diperlukan dalam kondisi-kondisi tertentu, seperti ketika beberapa komputer dalam grup ingin menerima transmisi tersebut.

Salahsatu contohnya adalah streaming video atau audio. Misalkan banyak komputer ingin terhubung ke komputer host dan menerima transmisi data video atau audio tersebut secara bersamaan. Jika transmisi dilakukan secara individu dan data informasi dikirim secara satu persatu, maka akan banyak aliran data dan waktu yang diperlukan. Sedangkan jika menggunakan transmisi broadcast, maka proses tidak lagi diperlukan sehingga komputer host dan komputer tujuan tidak lagi dapat berkomunikasi melalui jaringan tersebut.

Oleh karena itu, dengan menggunakan transmisi multicast maka video dan audio hanya dikirim sekali akan tetapi diterima oleh banyak sistem dan komputer.

unicast multicast dan broadcast


Transmisi multicast analoginya ketika pemberi undangan ingin memberikan informasi kepada teman sekolahnya. Pemberi sebagai host mengirimkan undangannya secara langsung di kelasnya, sehingga informasi tersebut hanya dikirimkan satu kali dan diterima oleh semua teman dikelasnya. Melalui proses transmisi ini pemberi dapat mengetahui respon dari penerima.

BROADCAST
Broadcast merupakan transmisi jaringan one-to-all. Transmisi jaringan dengan sistem broadcast dapat dilakukan dengan banyak sekali penerima atau perangkat sistem tujuan. Akan tetapi sistem transmisi broadcast cenderung membuang resource.

Dalam jaringan LAN, komputer asal sebagai host mengirimkan data informasi kepada sembarang komputer lain yang terhubung di dalam jaringan. Transmisi jaringan broadcast memiliki kekurangan yaitu sistem asal yang menjadi host tidak akan mengetahui bagaimana respon dari sistem tujuan apakah data diterima dengan baik atau data terjadi corrupt. Contoh penggunaan broadcast adalah transmisi saluran data pada televisi.

unicast multicast dan broadcast


Transmisi jaringan broadcast memiliki analogi seperti seorang pemberi undangan yang ingin mengirimkan informasi kepada orang lain. Pemberi undangan sebagai host membagikan undangan dengan menyebarnya di jalan-jalan. Oleh karena itu, perangkat host tidak akan mengetahui bahwa informasi yang dikirimkannya telah sampai dan respon penerima pun tidak akan diketahui oleh perangkat sistem yang menjadi host.

Tidak ada komentar