Header Ads

Bagaimana Cara Mengatur Halaman Makalah pada Microsoft Word

Cara Mengatur Halaman Makalah Karya Tulis pada Ms. Word. Penulisan nomor halaman pada makalah atau karya tulis ilmiah merupakan satu hal yang sangat penting. Nomor halaman sendiri termasuk unsur syarat yang wajib dalam penulisan sebuah karya ilmiah.

Disamping sebagai unsur syarat yang wajib, penulisan nomor halaman memiliki kegunaan yang sangat cepat dirasakan bagi pembaca. Dengan adanya nomor halaman pembaca dapat dengan mudah untuk mengklasifikasi lembar bacaan atau buku yang dibacanya.

Tidak jarang untuk memberikan format nomor halaman menggunakan Ms. Word, beberapa orang melakukannya dengan membuat dokumen terpisah tiap format penomoran halaman yang berbeda.

Seperti kita semua ketahui, format nomor halaman pada karya ilmiah memang memiliki perbedaan antara halaman awal atau pendahuluan dengan halaman pokok atau isi. Biasanya untuk halaman pendahuluan nomor halaman menggunakan penomoran romawi seperti i, ii, iii, iv dan seterusnya. Sedangkan pada isi dimulai dengan angka 1, 2, 3 dan seterusnya.

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tips dan cara cepat serta mudah untuk memberi penomoran halaman sesuai dengan format penulisan karya tulis ilmiah. Mari ikuti langkah-langkahnya dengan baik dibawah yaa !

Pertama, buka menu Insert dan pilih ikon Page Number. Sesuaikan seperti gambar dibawah kemudian pilih dan klik Plain Number 3 agar letak nomor halaman berada di sebelah kanan bawah kertas.

halaman makalah

Kedua, buka menu Design (jika menu Design tidak muncul klik 2 kali nomor halaman) dan pilih lagi Page Number. Setelah itu pilih kolom Format Page Numbers, maka akan muncul kotak dialog dan sesuaikan format seperti tampilan dibawah ini.

halaman makalah
Ketiga, pada kondisi seperti ini biasanya halaman sampul atau cover akan terlihat menjadi nomor pertama halaman. Masih berada pada menu Design, klik dan centang kolom Different First Page kemudian delete nomor yang berada pada halaman sampul.

Keempat, buka menu Page Layout > Breaks > Next Page untuk mengakhiri halaman dan membuat format nomor halaman baru yang berbeda.

Kelima, tambahkan format nomor halaman yang baru dengan pilih menu Insert > Page Number. Kemudian sesuaikan seperti dibawah ini.

mengatur halaman makalah

Dengan mengatur format halaman seperti ini maka akan lebih mudah untuk nomor halaman selanjutnya karena tidak perlu lagi menambahkannya, cukup satu kali diawal saja. Selanjutnya dengan cara ini untuk membuat daftar isi maka akan otomatis terlihat nomor halaman yang telah dibuat.
Baca juga :Cara Membuat Daftar Isi Otomatis

Tidak ada komentar