Header Ads

Pengertian TRIAC dan Fungsinya

Pengertian TRIAC dan Fungsinya. Pada umumnya, sebuah TRIAC dapat dikenali dari bentuknya yang menyerupai Transistor. Selain itu, komponen elektronika ini juga memiliki struktur yang mirip dengan transistor dan sering juga disebut sebagai Thyristor. Hal tersebut mungkin dikarenakan TRIAC yang bertindak sebagai gerbang layaknya transistor, walaupun sebenarnya berbeda dimana komponen elektronika ini dapat digunakan untuk keperluan yang lebih kompleks. TRIAC biasanya ditemukan pada perangkat yang berarus AC seperti TRIAC mesin cuci.

Pengertian TRIAC

TRIAC adalah sebuah komponen elektronika dari golongan semikonduktor yang memiliki tiga buah terminal sebagai pengendali arus listrik. Nama TRIAC adalah singkatan dari TRIode for Alternating Current (Trioda untuk arus bolak balik). Oleh karena itu, TRIAC juga dapat dikatakan sebagai sebuah komponen elektronik yang ekuivalen dengan dua SCR yang disambungkan antiparalel (paralel yang berlawanan arah) dan kaki gerbangnya disambungkan bersama menjadi satu. Nama resmi untuk TRIAC adalah Bidirectional Triode Thyristor.

Komponen TRIAC menunjukkan sebagai sakelar dwiarah yang dapat mengalirkan arus listrik ke kedua arah ketika dipicu (dihidupkan). Hal ini dapat dipicu baik dengan tegangan positif ataupun negatif pada elektroda gerbang (gate). Sekali dipicu komponen ini akan terus menghantar hingga arus yang mengalir lebih rendah dari arus kapasitas maksimalnya, misal pada akhir paruh siklus dari arus bolak-balik. Hal tersebut membuat TRIAC sangat cocok untuk mengendalikan perangkat- perangkat yang berarus AC, memungkinkan pengendalian arus yang sangat tinggi dengan arus kendali yang sangat rendah. Sebagai tambahan, memberikan pulsa picu pada titik tertentu dalam siklus AC memungkinkan pengendalian persentase arus yang mengalir melalui TRIAC (pengendalian fase).

Hampir sama dengan SCR, TRIAC juga tergolong sebagai Thyristor yang juga berfungsi sebagai pengendali atau switching. Namun, berbeda dengan SCR yang hanya dapat dilewati arus listrik satu arah (unidirectional), TRIAC memiliki kelebihan yang dapat mengalirkan  arus listrik ke kedua arah (bidirectional) ketika dipicu. Jika dilihat dari strukturnya, TRIAC merupakan komponen elektronika yang terdiri dari 4 lapis semikonduktor dan 3 Terminal, ketiga terminal tersebut diantaranya adalah MT1, MT2 dan Gate. MT adalah singkatan dari Main Terminal.

Bentuk dan Simbol TRIAC

Berikut ini adalah bentuk dan simbol TRIAC secara berurutan.
bentuk dan simbol TRIAC

Fungsi TRIAC

TRIAC berfungsi sebagai sakelar otomatis dalam sebuah rangkaian, berbeda dengan transistor yang banyak digunakan sebagai penguat. Dalam hal ini, TRIAC memiliki sistem yang lebih kompleks sehingga memerlukan aplikasi yang tepat agar dapat bekerja secara optimal dalam rangkaian yang disesuaikan dengan spesifikasi kegunaannya. TRIAC merupakan komponen yang sangat cocok untuk digunakan sebagai AC Switching (Saklar AC) karena dapat megendalikan aliran arus listrik pada dua arah siklus gelombang bolak-balik AC.  Kemampuan inilah yang menjadi kelebihan dari TRIAC jika dibandingkan dengan SCR. Namun TRIAC pada umumnya tidak digunakan pada rangkaian switching yang melibatkan daya yang sangat tinggi. Salah satu alasannya adalah karena karakteristik Switching TRIAC yang non-simetris dan juga gangguan elektromagnetik yang diciptakan oleh listrik yang berdaya tinggi itu sendiri.
Baca juga : Cara Kerja TRIAC

Tidak ada komentar