Header Ads

Cara Membuat Layout pada PCB

Cara Mencetak Layout pada PCB. Pada peralatan elektronik, PCB merupakan komponen penting yang digunakan sebagai tempat melekatnya komponen-komponen elektronik lainnya seperti dioda, resistor, transistor dan lain sebagainya.

PCB adalah singkatan dari Printed Circuit Board yang berarti merupakan board atau papan rangkaian elektronik. PCB banyak digunakan pada semua peralatan elektronik mulai dari rangkaian yang sederhana sampai rangkaian yang kompleks sekali.
Baca juga : Apa itu Thermoelektrik, TEG dan TEC

Alasan penggunaan papan rangkaian atau PCB ini karena proses rakit dan penyusunan komponen dapat dilakukan dengan mudah dan lebih rapi, selain itu dengan menggunakan PCB juga dapat membuat box alat lebih kecil dan yang pasti efisien biaya.

PCB

Untuk dapat membuat dan mencetak rangkaian PCB sendiri, tentunya kalian harus mempersiapkan beberapa bahan, seperti papan PCB polos dan Ferrit Cloryte untuk melarutkan permukaan PCB.

Nah, jika kalian ingin mencoba membuat sendiri PCB kalian, silahkan ikuti langkah-langkahnya dibawah ya !

Pertama, siapkan terlebih dahulu gambar rangkaian yang ingin kalian buat dan telah kalian print atau copy menggunakan printer laser di kertas. Sebaiknya kertas yang digunakan adalah jenis kertas yang memiliki permukaan licin, contohnya dapat dilihat pada gambar.

Layout PCB

Kedua, bersihkan debu dan kotoran yang menempel pada permukaan papan PCB polos yang akan kalian gunakan. Akan lebih baik jika menggunakan cairan thiner dan permukaan PCB menjadi mengkilap.

Layout PCB

Ketiga, rekatkan kertas berisi gambar rangkaian tadi pada pemukaan PCB yang telah dibersihkan. Lipat sisi-sisi kertas yang berlebih untuk memudahkan dan agar tidak bergeser posisi keduanya.

Layout PCB

Keempat, gunakan setrika untuk memanaskan kertas yang telah menempel sebelumnya. Gosok-gosok kertas secara merata dan berulang kali agar gambar rangkaian melekat sempurna pada permukaan PCB.

Layout PCB

Kelima, jika gambar rangkaian telah melekat pada PCB dan setelah selesai dipanaskan, tunggu dan diamkan sebentar. Lalu, basahi kertas yang menempel pada permukaan PCB dan bersihkan dengan hati-hati hingga bersih dan yang tertinggal hanya jalur rangkaian.

Layout PCB

Keenam, siapkan larutan Ferrit Cloryte di dalam wadah dan masukkan PCB ke dalam wadah tersebut. Goyang wadah berisi larutan Ferrit Cloryte sehingga menyebabkan larutan bergerak ke dua arah berlawanan. Lakukan berulang kali hingga tembaga pada permukaan PCB terkikis dan bersih, sehingga yang tersisa hanyalah jalur atau layout rangkaian. Hasil dapat dilihat pada gambar pertama.

Langkah terakhir, cuci kembali dan bersihkan sisa-sisa kotoran yang masih menempel pada permukaan PCB. Kemudian bor dan lubangi PCB menyesuaikan lokasi dan susunan komponen yang akan digunakan. Jangan lupa sebelum digunakan agar dipastikan terlebih dahulu bahwa rangkaian jalur PCB tidak ada yang short atau konslet.

Sekian langkah-langkah untuk membuat PCB sendiri di rumah, selamat mencoba.

Tidak ada komentar