Header Ads

Pengertian Mikrotik Beserta Fungsi dan Fiturnya

Remaja-remaja dahulu ataupun saat ini pasti pernah pergi ke warung internet atau lebih dikenal dengan istilah warnet pada masanya. Ketika provider jaringan belum menyediakan jaringan seluler untuk digunakan pribadi, orang-orang lebih memilih pergi ke warnet untuk menjelajah dunia melalui jejaring media sosial ataupun sekedar menonton video di Youtube. Tak jarang pula kebanyakan para remaja yang datang ke warnet khusus untuk bermain game online.
Baca juga : Apa itu Thermoelektrik, TEG dan TEC

Tapi, tahukah kamu darimana jaringan internet di warnet-warnet yang dikunjungi tersebut berasal? Ada sebuah teknologi yang digunakan untuk penyaluran jaringan internet guna memenuhi kebutuhan-kebutuhan pelanggan di warnet. Teknologi tersebut adalah mikrotik.

mikrotik


Pengertian Mikrotik

Mikrotik adalah sebuah sistem operasi dan perangkat lunak yang dapat digunakan untuk menjadikan komputer sebagai jaringan atau network. Dalam hal ini komputer disebut sebagai Router. Dimana Router ini memang didesain sebagai media penghubung dan sebagai pengatur lalu lintas yang meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Mikrotik juga berperan sebagai pengendali jaringan yang dapat dipakai pengguna.
 
Komputer mikrotik digunakan untuk memudahkan keperluan administrasi jaringan pengguna. Mikrotik dapat digunakan dalam perancangan dan pembangunan jaringan internet baik dalam skala kecil maupun jaringan skala kompleks sekalipun. Terlebih mikrotik yang tersedia layanan jaringan wireless sehingga banyak digunakan sebagai perangkat penghubung lalu lintas jaringan internet kepada pengguna.


Fungsi-fungsi Mikrotik

Setelah mengetahui pengertian dari mikrotik yang sering digunakan  kebanyakan oleh para penyedia warnet dan instansi tempat kerja yang menggunakan jaringan, maka mikrotik memiliki fungsi-fungsinya secara kompleks.
  1. Pengaturan koneksi internet yang dapat dilakukan secara terpusat sehingga memudahkan admin dalam pengelolaannya.
  2. Mikrotik dapat memblokir situs-situs yang mengandung konten terlarang dengan mensetting proxy pada mikrotik sehingga pelanggan yang menggunakan jaringan internet dari mikrotik tidak dapat mengakses situs tersebut. Hal ini selaras dengan program pemerintah yang melarang penggunaan negatif internet.
  3. Konfigurasi jaringan lokal dapat dilakukan hanya dengan mengandalkan mikrotik router OS menggunakan hardware yang rendah.
  4. Mempermudah konfigurasi dan pembagian bandwith pada jaringan karena mikrotik dapat digunakan sebagai billing hotspot.
  5. Dapat memisahkan bandwith traffic internasional, lokal ataupun lainnya.
  6. Dapat digunakan untuk pembuatan PPPoE server.
  7. Menjalankan wifi

Fitur-fitur Mikrotik

  1.  Web proxy
  2. Data Rate Management
  3. Hotspot Wireless
  4. DHCP
  5. Routing-Static Routing
  6. DNS & Universal client
  7. Firewall & NAT
  8. IPsec
  9. NTP
  10. MNDP
  11. Tools
 

Tidak ada komentar